Sabtu, 06 Desember 2014

Masalah Menjadikan Kita Tangguh

"Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tak disangka-sangka. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah niscaya Dia akan mencukupi segala keperluannya." 
QS. Ath-Thalaq : 2-3



Masalah bukanlah akhir dari segalanya namun dari tiap masalah yang kita hadapi adalah ujian untuk mengukur kadar keimanan seseorang. Allah maha diatas segala maha, Dia yang memberikan masalah tapi Allah juga yang menyelesaikan masalah. Datangnya pertolongan Allah itu tidak disangka-sangka ketika kita menemukan jalan buntu tanpa arah yang jelas untuk mengatasi masalah yang dihadapi maka pertolonganNya akan hadir bagi orang-orang yang percaya akan kekuatanya.

Salah satu cara untuk mengundang pertolongan Allah ialah dengan berbuat amal saleh kita bisa lakukan bersedekah karena bila urusan ingin di mudahkan maka berilah pertolongan kepada sesama untuk meringankan penderitaan yang lebih menderita dari kita.

Dalam Al Quran terdapat firman Allah yang berisi salah satu cara yang dapat menyampaikan seseorang menjadi kekasih Allah serta terbebas dari belenggu penderitaan

Orang-orang yang menafkahkan harta di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan secara terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati" 
QS. Al Baqarah : 274

Tidak ada masalah yang tidak bisa kita selesaikan karena ada Allah yang akan menolong dan menyelamatkan kita dari keterpurukan yang kita hadapi.

Allah akan memudahkan urusan kita jika kita memudahkan urusan orang lain. Masalah adalah ujian. Ujian layaknya anak sekolah syarat untuk naik kelas ialah lulus ujian jika dia mampu menyelesaikan ujiannya maka ia akan naik kelas.
Cara yang pas untuk naik level yang lebih tinggi ia harus belajar dengan giat serta diiringi dengan doa.

Hidup yang kita lalui bagaikan berlayar di samudra luas yang dalam kadang kita diterjang gelombang ombak serta badai dan topan. Jika kita tidak menghadirkan Allah disetiap hembusan nafas kita, maka kita akan tenggelam namun jika kita memohon pertolonganNya datangnya masalah dalam kehidupan menjadikan kita semakin tangguh.

Lukman al-Hakim berwasiat kepada anaknya. "Wahai anakku, sesungguhnya dunia ini bagaikan lautan yang dalam. Betapa banyak manusia yang tenggelam di dalamnya. Oleh karena itu jadikan bahtera keselamatanmu dengan takwa sebagai nahkodanya iman sebagai jangkarnya dantawakal sebagai layarnya." Wasiat yang sangat takjub.

Di balik masalah yang kita hadapi telah banyak mengajarkan kita tentang arti ketabahan, ketakwaan, dan makna ukhuwah serta rasa kasih sayang terhadap sesama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar